Jumat, 21 Juni 2013

RPP Bahasa Jawa kelas 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 1)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  II (dua) / 1
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                          2.   Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                          3.   Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                          4.   Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                          5.   Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan dan memahami isi bacaan.
                                          2.1.   Menanyakan sesuatu kepada orang yang dikenal dengan menggunakan kalimat dan pilihan kata.
                                          3.1.   Membaca teks pendek dengan memperhatikan pelafalan dan intonasi yang tepat sehingga mudah dipahami orang lain.
                                          4.1.   Menulis karangan pendek..
                                          5.1.   Menyanyikan tembang dolanan.
      Indikator                        :  1.   Dapat menjawab pertanyan bacaan yang didengarkan.
                                                2.   Dapat menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
                                                3.   Dapat membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
                                                4.   Dapat menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
                                                5.   Dapat melafalkan konsonan : d, dh, t, th.
                                                6.   Dapat menulis menggunakan huruf tegak bersambung dengan rapi.
                                                7.   Dapat menyanyikan tembang dolanan.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)



1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat menjelaskan isi bacaan yang didengar.
      b.   Siswa dapat menggunakan kalimat tanya dengan benar.
      c.   Siswa dapat membaca bacaan dengan lafal dan intonasi yang benar.
      d.   Siswa dapat menulis karangan pendek dengan huruf tegak bersambung.
      e.   Siswa dapat menyanyikan tembang dolanan.

2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Teks bacaan tentang “Keluarga”.

      b.   Pertemuan kedua
Kata tanya.
Kalimat tanya.

      c.   Pertemuan ketiga
Teks pendek
(sepuluh sampai lima belas ka-limat)
Konsonan : d, dh, t, th.

      d.   Pertemuan keempat
Kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung antara enam sampai delapan kalimat

      e.   Pertemuan kedua
Teks tembang dolanan.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mendengarkan guru dalam mebacakan bacaan tentang ”keluarga”.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan isi bacaan.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan bacaan yang ada di dalam buku.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kata tanya dan penggunaannya.
Ø  Siswa menggunakan kalimat tanya dalam berbagai keperluan.
Ø Siswa menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru cara pelafalan yang benar teks bacaan yang ada di buku.
Ø  Siswa membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Ø  Siswa menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
Ø Siswa melafalkan konsonan : d, dh, t, th dan membaca kata-kata yang mengandung konsonan tersebut.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang cara menulis huruf tegak bersambung.
Ø  Siswa membuat karangan pendek dengan menggunakan kalimat sederhana.
Ø Siswa menulis menggunakan huruf tegak bersambung dengan rapi.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.
Ø  Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.
Ø  Siswa menyanyikan tembang dolanan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
5.   Sumber Belajar
      a.  Chart berisi tembang dolanan.
      b.  Kaset pita/VCD beserta tape recorder/VCD Player.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 2, Penerbit Yudhistira (Wulangan 1: hal. 1-15)
      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Dolanan”.


6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes tulis, Tes unjuk kerja, dan Penugasan.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes uraian, Uji petik kerja proses dan hasil, dan Tes simulasi.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
Rungokna wacan sing diwaca gurumu utawa kancamu, banjur wangsulana pitakon bab isine wacan!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Tembung pitakon ing ngisor iki trapna ing ukara!
2.   Nggawea ukara pitakon sing bener!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Wacan ing ngisor iki wacanen kanthi lagu lan pocapan sing bener!
2.   Wangsulana pitakon bab isine wacan!
3.   Tembung sing dicap kandel iki ucapna kanthi bener!
 (          Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
Nggawea karangan cendhak wae ngenani keluwargamu, tulisen nganggo aksara Latin!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
Tembang dolanan ing ngisor iki tembangna!
(Materi lihat di buku)








             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 2)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  II (dua) / 1
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                          2.   Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                          3.   Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                          4.   Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                          5.   Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengar- kan percaka-pan sederha-na tentang kegiatan sehari-hari.
                                          2.1.   Menceritakan kegiatan sehari-hari.
                                          3.1.   Membaca lancar dengan pemahaman teks bacaan.
                                          4.1.   Menulis kalimat sederhana.
                                          5.1.   Menyanyikan tembang dolanan.
      Indikator                        :  1.   Dapat menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
                                                2.   Dapat menceritakan kegiatan sehari-hari dengan menggunakan bahasa ngoko andhap.
                                                3.   Dapat menjawab pertanyaan isi bacaan.
                                                4.   Dapat menceritakan isi bacaan dengan bahasa sendiri.
                                                5.   Dapat menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
                                                6.   Dapat menyanyikan tembang dolanan.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)



1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat memahami teks dialog.
      b.   Siswa dapat menceritakan kegiatan sehari-hari.
      c.   Siswa dapat membaca dengan lancar dan memahami sebuah bacaan.
      d.   Siswa dapat menulis kalimat yang didiktekan guru.
      e.   Siswa dapat menyanyikan tembang dolanan.

2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari.

      b.   Pertemuan kedua
Cerita tentang kegiatan sehari-hari.

      c.   Pertemuan ketiga
Teks bacaan tentang “Kegiatan ”.

      d.   Pertemuan keempat
Kalimat sederhana yang didiktekan guru (lima kalimat yang berisi tiga sampai lima kata perkalimat).

      e.   Pertemuan kedua
Teks tembang dolanan.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru yang sedang membacakan teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang teks percakapan yang baru dibacakan.
Ø Siswa menjawab pertanyaan bacaan yang ada di buku.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan cerita guru tentang kegiatan sehari-hari.
Ø  Siswa menceritakan kegiatan sehari-hari dengan menggunakan bahasa ngoko andhap.
Ø  Siswa bertanya tentang isi cerita temannya.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru saat memberi contoh tentang cara membaca bacaan yang benar.
Ø  Siswa membaca teks bacaan tentang kegiatan.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan isi bacaan.
Ø Siswa menceritakan isi bacaan dengan bahasa sendiri..
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang cara menulis huruf tegak bersambung.
Ø Siswa menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.
Ø  Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.
Ø  Siswa menyanyikan tembang dolanan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.






5.   Sumber Belajar
      a.  Chart berisi teks tembang dolanan.
      b.  Kaset pita/VCD beserta tape recorder/VCD Player.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 2, Penerbit Yudhistira (Wulangan 2: hal. 16-30)
      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Dolanan”.


6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes tulis, Tes unjuk kerja, dan Penugasan.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes uraian, Tes simulasi, Tugas proyek dan tugas rumah
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
Rungokna teks pacelathon sing diwaca kancamu utawa gurumu, banjur wangsulana pitakon ngenani isine pacelathon!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
Critakna kegiyatan sing kokalami saben dina nggunakake basa ngoko wae!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Wacan iki wacanen, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
2.   Critakna isine wacan sing mentas kokwaca nganggo basamu dhewe!
 (          Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
1.   Tulisen ukara sing didhikte dening gurumu!
2.   Ukara ing ngisor iki tulisen Latin!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
Tembang dolanan ing ngisor iki tembangna!
(Materi lihat di buku)








             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 3)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  II (dua) / 1
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                          2.   Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                          3.   Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                          4.   Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                          5.   Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan dan memahami isi bacaan.
                                          2.1.   Melakukan percakapan pendek.
                                          2.2.    Bercakap-cakap mengguna-kan bahasa yang santun.
                                          3.1.   Membaca bersuara.
                                          4.1.   Melengkapi cerita.
                                          4.2.   Menulis kalimat.
                                          5.1.   Mengapresiasi dongeng.
      Indikator                        :  1.   Dapat menjawab pertanyaan isi bacaan.
                                                2.   Dapat menceritakan  dengan  singkat  isi  bacaan  yang  didengarkan.
                                                3.   Dapat melakukan percakapan tentang “Budi Pekerti”.
                                                4.   Dapat menggunakan basa ngoko dan krama dalam percakapan.
                                                5.   Dapat membaca lancar teks cerita.
                                                6.   Dapat menentukan lawan kata (antonim) yang terdapat dalam bacaan.
                                                7.   Dapat melengkapi cerita dengan kalimat yang logis.
                                                8.   Dapat menulis kalimat yang menggunakan konsonan rangkap.
                                                9.   Dapat menyebutkan nama tokoh dalam dongeng yang didengar.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)



1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat menceritakan isi bacaan yang didengarkan.
      b.   Siswa dapat melakukan percakapan pendek dengan bahasa Jawa yang santun.
      c.   Siswa dapat membaca dengan lancar dan mencari antonim suatu kata dalam bacaan.
      d.   Siswa dapat melengkapi cerita yang belum sempurna.
      e.   Siswa dapat menyebutkan tokoh dalam dongeng.

2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Teks bacaan  tentang “ Budi Pekerti ”.

      b.   Pertemuan kedua
Percakapan tentang “ Budi Pekerti ”
Basa ngoko dan karma.

      c.   Pertemuan ketiga
Teks cerita atau fiksi (sepuluh sampai lima belas kalimat)
Lawan kata ( Antonim )

      d.   Pertemuan keempat
Teks cerita rumpang (belum selesai)
Konsonan rangkap
Mis : kr, tr, dy

      e.   Pertemuan kedua
Dongeng.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mendengarkan guru saat membacakan teks bacaan tentang ”budi pekerti”
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang isi wacana yang telah didengar.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan bacaan yang ada di buku.
Ø  Siswa menceritakan  dengan  singkat  isi  bacaan  yang  didengarkan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara melakukan percakapan.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.
Ø  Siswa melakukan percakapan tentang “Budi Pekerti”.
Ø Siswa menggunakan basa ngoko dan krama dalam percakapan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru tentang cara membaca lancar.
Ø  Siswa membaca lancar teks cerita.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang antonim (lawan kata).
Ø  Siswa menentukan lawan kata (antonim) yang terdapat dalam bacaan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru tentang cara membaca lancar.
Ø  Siswa membaca lancar teks cerita.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang antonim (lawan kata).
Ø  Siswa menentukan lawan kata (antonim) yang terdapat dalam bacaan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru yang sedang mendongeng.
Ø  Siswa mencatat nama tokoh-tokoh yang ada dalam dongeng tersebut.
Ø Siswa menjawab pertanyaan guru tentang isi dongeng yang telah didengarnya.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
5.   Sumber Belajar
      a.  Rekaman/model orang yang sedang mendongeng.
      b.  Chart berisi penggunaan basa ngoko dan karma.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 2, Penerbit Yudhistira (Wulangan 3: hal. 31-52)
      d.   Buku Penunjang lain yang relevan.


6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja dan Tes tulis
      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes simulasi, Tes identifikasi, Tes uraian, dan tes isian.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
1.   Rungokna wacan sing diwaca gurumu, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
2.   Critakna isine wacan sing mentas kokrungokake nggunakake basamu dhewe!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Omong-omongana karo kancamu adhedhasar gambar ing buku!
2.   Ukara basa ngoko iki owahana dadi ukara basa krama!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Wacan iki wacanen sing banter, banjur wangsulana pitakon bab isine wacan!
2.   Tembung sing dicap kandel golekana kosok baline!
 (          Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
1.   Ukara sing isih gothang iki jangkepana!
2.   Tembung-tembung iki susunen supaya dadi ukara sing bener
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
Rungokna dongenge gurumu, banjur catheten sapa wae paragane jroning dongeng kasebut!
 (Materi lihat di buku)









             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 4)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  II (dua) / 2
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                          2.   Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                          3.   Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                          4.   Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                          5.   Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengar- kan dan me-mahami isi bacaan.
                                          2.1.   Menceritakan pengalaman.
                                          3.1.   Membaca bacaan dengan memperhatikan pelafalan dan intonasi yang tepat.
                                          4.1.   Menulis karangan pendek.
                                          5.1.   Mengapresiasi tembang dolanan.
      Indikator                        :  1.   Dapat menjawab pertanyaan isi bacaan.
                                                2.   Dapat mengajukan pertanyaan tentang isi bacaan.
                                                3.   Dapat menceritakan pengalaman pribadi.
                                                4.   Dapat menanggapi cerita teman dengan bertanya.
                                                5.   Dapat membaca bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
                                                6.   Dapat menjawab pertanyaan bacaan.
                                                7.   Dapat melafalkan vokal o, u dan i sempurna dan tak sempurna.
                                                8.   Dapat menulis kalimat sederhana dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang benar.
                                                9.   Dapat menyanyikan tembang dolanan.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)



1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat mengajukan pertanyaan tentang isi bacaan yang didengar.
      b.   Siswa dapat menceritakan pengalaman pribadi.
      c.   Siswa dapat membaca wacana dengan lafal dan intonasi yang benar.
      d.   Siswa dapat membuat karangan pendek dengan menerapkan huruf kapital.
      e.   Siswa dapat menyanyikan tembang dolanan.


2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Teks bacaan  tentang “Kegemaran”.

      b.   Pertemuan kedua
Pengalaman pribadi.

      c.   Pertemuan ketiga
-  Teks bacaan
-  Vokal o, u dan i  sempurna  dan tak sempurna

      d.   Pertemuan keempat
Kalimat sederhana
(Nama / pekerjaan anggota keluarga)

      e.   Pertemuan kedua
Teks tembang dolanan.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mendengar pembacaan wacana tentang kegemaran.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan isi bacaan.
Ø  Siswa mengajukan pertanyaan tentang isi bacaan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mengamati gambar-gambar yang ada di buku teks.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pengalaman pribadi.
Ø  Siswa menceritakan pengalaman pribadi.
Ø  Siswa menanggapi cerita teman dengan bertanya.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru tentang cara pelafalan yang tepat kata-kata dalam bacaan.
Ø  Siswa membaca bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan bacaan.
Ø  Siswa memperhatikan guru tentang cara pelafalan vokal o, u dan i sempurna dan tak sempurna.
Ø  Siswa melafalkan vokal o, u dan i sempurna dan tak sempurna.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan dan penulisan huruf kapital.
Ø  Siswa berlatih menuis huruf kapital berdasarkan contoh yang diberikan guru.
Ø  Siswa menulis kalimat sederhana dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang benar.
Ø  Siswa membuat karangan pendek dengan menggunakan huruf kapital.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.
Ø  Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan yang ada di buku.
Ø  Siswa menyanyikan tembang dolanan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
5.   Sumber Belajar
      a.  Rekaman tembang dolanan.
      b.  Kaset pita/VCD beserta tape recorder/VCD Player.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 2, Penerbit Yudhistira (Wulangan 4: hal. 53-70)
      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Dolanan”.


6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja  dan Penugasan.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Uji kerja proses dan hasil, Tes simulasi, dan Tugas proyek dan tu-
                                                   gas rumah.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
1.   Rungokna wacan sing diwaca gurumu, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
2.   Nggawea pitakon bab isine wacan!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Critakna pengalamanmu sing ora bisa koklalekake!
2.   Tanggapana critane kancamu!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Wacan iki wacanen sing banter, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
2.   Ucapna tembung-tembung sing nggunakake swara jejeg lan swara miring kanthi bener!
 (          Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
Nggawea karangan ngenani keluwargamu, gunakna aksara gedhe lan tandha pawacan sing bener!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
Tembang dolanan ing ngisor iki tembangna!
(Materi lihat di buku)









             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 5)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  II (dua) / 2
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                          2.   Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                          3.   Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                          4.   Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                          5.   Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengar- kan pemba-caan teks dan memahami isinya.
                                          2.1.   Menceritakan isi bacaan.
                                          2.2.   Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun
                                          3.1.   Membaca lancar.
                                          4.1.   Menulis kalimat sederhana.
                                          5.1.   Mengapresiasi tembang dolanan.
      Indikator                        :  1.   Dapat menjawab pertanyaan sesuai isi bacan yang didengarkan.
                                                2.   Dapat menceritakan isi bacaan dengan kata-kata sendiri.
                                                3.   Dapat mengubah kalimat basa ngoko menjadi krama atau sebaliknya.
                                                4.   Dapat membaca lancar teks bacaan.
                                                5.   Dapat menjawab pertanyaan bacaan / mengajukan pertanyaan tentang isi bacaan.
                                                6.   Dapat menulis  kalimat  sederhana  dengan  huruf  tegak bersambung.
                                                7.   Dapat menyanyikan tembang dolanan.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)



1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat memahi isi bacaan yang didengarkan.
      b.   Siswa dapat berbicara menceritakan isi bacaan dengan bahasa yang santun.
      c.   Siswa dapat membaca bacaan dengan lancar.
      d.   Siswa dapat menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung.
      e.   Siswa dapat menyanyikan tembang dolanan.


2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Teks bacaan tentang “ Kesehatan ”.

      b.   Pertemuan kedua
-  Teks bacaan
-  Basa ngoko dan karma.

      c.   Pertemuan ketiga
Teks bacaan.

      d.   Pertemuan keempat
Kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung.

      e.   Pertemuan kedua
Teks tembang dolanan.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mendengarkan pembacaan teks bacaan tentang kesehatan.
Ø  Siswa mencatat hal-hal penting tentang isi bacaan.
Ø Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi bacan yang didengarkan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mendengarkan/ memperhatikan teks bacaan tentang kesehatan.
Ø  Siswa menceritakan isi bacaan dengan kata-kata sendiri.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.
Ø  iswa melakukan dialog dengan temannya menggunakan basa ngoko dan krama.
Ø Siswa mengubah kalimat basa ngoko menjadi krama atau sebaliknya
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara membaca lancar.
Ø  Siswa membaca lancar teks bacaan.
Ø Siswa menjawab pertanyaan bacaan / mengajukan pertanyaan tentang isi bacaan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menulis huruf tegak bersambung.
Ø  Siswa menyalin contoh yang diberikan guru tentang huruf tegak bersambung.
Ø Siswa menulis  kalimat  sederhana  dengan  huruf  tegak bersambung.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.
Ø  Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.
Ø  Siswa menyanyikan tembang dolanan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.






5.   Sumber Belajar
      a.  Chart berisi teks tembang dolanan.
      b.  Kaset pita/VCD beserta tape recorder/VCD Player.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 2, Penerbit Yudhistira (Wulangan 5: hal. 71-85)
      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Dolanan”.


6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes lisan, Tes tulis, Tes unjuk kerja, dan Penugasan.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Daftar pertanyaan, Tes uraian, Uji petik hasil, Tes simulasi, dan
                                                   Tugas proyek dan tugas rumah.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
Rungokna wacan sing diwaca gurumu, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Critakna isine wacan nggunakake basamu dhewe!
2.   Ukara iki kramakna!
3.   Ukara iki ngokokna!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Wacan iki wacanen, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
2.   Nggawea pitakon bab isine wacan!
 (          Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
Ukara iki tulisen nganggo aksara Latin!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
Tembang dolanan ing ngisor iki tembangna!
(Materi lihat di buku)









             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 6)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  II (dua) / 2
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                          2.   Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                          3.   Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                          4.   Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                          5.   Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan dan memahami isi bacaan.
                                          2.1.   Bercerita tentang keadaan di sekitar rumah.
                                          2.2.   Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun
                                          3.1.   Membaca bersuara.
                                          4.1.   Menulis rapi.
                                          5.1.   Mengapresi-asi ”Geguritan”.
      Indikator                        :  1.   Dapat menjawab pertanyan tentang isi bacaan.
                                                2.   Dapat menceritakan keadaan disekitar rumah.
                                                3.   Dapat menggunakan bahasa yang santun dalam percakapan.
                                                4.   Dapat membaca geguritan anak dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
                                                5.   Dapat menulis “Geguritan” secara rapi dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
                                                6.   Dapat menceritakan “ Geguritan ” dengan kalimat sederhana.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)



1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat memahami isi bacaan yang didengarkan.
      b.   Siswa dapat menceritakan keadaan di sekitar rumah.
      c.   Siswa dapat membaca geguritan dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
      d.   Siswa dapat menyalin teks geguritan dengan rapi.
      e.   Siswa dapat menjelaskan isi geguritan dengan bahasanya sendiri.

2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Teks bacaan tentang lingkungan hidup.

      b.   Pertemuan kedua
-  Cerita tentang keadaan di sekitar rumah.
-  Basa ngoko dan krama.
      c.   Pertemuan ketiga
Teks geguritan.

      d.   Pertemuan keempat
Teks geguritan.

      e.   Pertemuan kedua
Teks geguritan.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mendengarkan pembacaan teks wacana tentang lingkungan.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang isi wacana yang baru didengarkan.
Ø Siswa menjawab pertanyaan bacaan yang ada di buku.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan gambar yang ada di buku.
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menceritakan keadaan lingkungan di sekitar rumah.
Ø  Siswa menceritakan keadaan di sekitar rumahnya masing-masing.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.
Ø Siswa menggunakan bahasa yang santun dalam percakapan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang geguritan.
Ø  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang cara membaca geguritan sesuai dengan lafal, intonasi, dan eskpresi yang tepat.
Ø Siswa membaca geguritan anak dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menulis huruf tegak bersambung.
Ø  Siswa menyalin contoh yang diberikan guru tentang huruf tegak bersambung.
Ø  Siswa menulis “ Geguritan ” secara rapi dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa menulis makna kata-kata utama (dan kata sulit) yang ada dalam teks geguritan.
Ø  Siswa mengartikan kata demi kata dan kalimat demi kalimat yang ada dalam geguritan.
Ø Siswa menceritakan “ Geguritan ” dengan kalimat sederhana.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.


5.   Sumber Belajar
      a.  Chart berisi teks geguritan
      b.  Kaset pita/VCD beserta tape recorder/VCD Player.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 2, Penerbit Yudhistira (Wulangan 6: hal. 86-100
      d.   Buku Penunjang lain yang relevan.
6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes lisan, Tes unjuk kerja, dan Penugasan.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Daftar pertanyaan, Uji petik proses dan hasil, Tes simulasi, Tes
                                                   identifikasi, Tugas proyek dan tugas rumah.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
1.   Rungokna wacan sing diwaca gurumu, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
2.   Titik-titik ing ngisor iki isenan nganggo tembung sing mathuk!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Critakna kahanan ing sakiwa tengene omahmu!
2.   Tanggapana kancamu sing mentas crita!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
Geguritan iki wacanen kanthi lagu, pocapan, sarta polatan sing trep karo isine!
 (          Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
Goleka geguritan banjur salinen ing buku tulismu!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
Critakna isine geguritan sing koktulis nggunakake basamu dhewe!
 (Materi lihat di buku)









             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP





1 komentar: