Kamis, 20 Juni 2013

RPP Bahasa Jawa Kelas 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 1)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  I (satu) / 1
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                       2.      Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                       3.      Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                       4.      Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                       5.      Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan dan membedakan bunyi bahasa
                                          2.1.   Memperkenalkan diri.
                                          3.1.   Membaca nyaring.
                                          4.1.   Menjiplak dan menebalkan.
                                          4.2.   Menyalin.
                                          5.1.   Mengapresiasi tembang dolanan.
      Indikator                        :  1.   Dapat mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang didengar.
                                                2.   Dapat menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang didengarkan.
                                                3.   Dapat menyebutkan data diri: nama, kelas, sekolah, dan tempat tinggal dengan kalimat sederhana.
                                                4.   Dapat memperkenalkan nama orang tua dan saudara kandung.
                                                5.   Dapat mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana
                                                6.   Dapat membaca nyaring kata atau kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat
                                                7.   Dapat menjiplak dan menebalkan huruf atau kata
                                                8.   Dapat menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dengan huruf tegak lepas.
                                                9.   Dapat menyanyikan tembang dolanan
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)



1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat membedakan bunyi bahasa.
      b.   Siswa dapat memperkenalkan diri
      c.   Siswa dapat membaca nyaring bacaan sederhana.
      d.   Siswa dapat menjiplak atau menebalkan dan menyalin huruf, kata, atau kalimat.
      e.   Siswa dapat menyanyikan tembang dolanan.

2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Gambar tunggal atau gambar seri tentang diri sendiri.

      b.   Pertemuan kedua
Pengalaman anak dan kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.

      c.   Pertemuan ketiga
Huruf, kata, suku kata, dan kalimat tentang diri sendiri.

      d.   Pertemuan keempat
Huruf, kata, atau kalimat.

      e.   Pertemuan kedua
Tembang dolanan.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan gambar yang diperlihatkan guru di papan tulis atau gambar yang ada di buku.
Ø  Siswa mencocokkan gambar berdasarkan informasi yang didengarnya.
Ø  Siswa menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang didengar.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan gambar yang diperlihatkan guru atau gambar yang ada di buku.
Ø  Siswa menyebutkan namanya dan memperkenalkan data diri, nama orang tua, dan saudara kandung.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan huruf-huruf /a/, /i/, /m/, /n/, dan /r/ yang diperkenalkan guru.
Ø  Siswa membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana atas bimbingan guru.
Ø  Siswa membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan suara keras.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Atas bimbingan guru siswa menjiplak dan menebalkan huruf atau kata yang ada dalam buku dengan menggunakan kertas tipis.
Ø  Siswa menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dengan huruf tegak lepas.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.
Ø  Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.
Ø  Siswa menyanyikan tembang dolanan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.




5.   Sumber Belajar
      a.  Rekaman/model orang yang sedang mendongeng.
      b.  Kaset pita/VCD beserta tape recorder/VCD Player.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 1, Penerbit Yudhistira (Wulangan 1: hal. 1-20)
      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Dolanan”.


6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja, Penilaian diri, dan Portofolio.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes identifikasi, Tes simulasi, Uji kerja proses dan hasil, dan Doku-
                                                    men pekerjaan siswa.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
      1.   Jodhokna gambar ing ngisor iki karo katerangane!
(Materi lihat di buku)
2.   Golongna gambar ing ngisor iki:
            a. Endi sing kalebu kewan?
            b. Endi sing kalebu woh-wohan?
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Coba sebutna sapa jenengmu, kelas pira, sekolah ing ngendi, lan ing ngendi omahmu!
2.   Kenalna jenenge wong tuwamu lan dulurmu!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Aksara-aksara ing ngisor iki ucapna kanthi cetha:
              a    i    m    r    n    r
2.   Tembung lan ukara ing ngisor iki wacanen sing banter!
(           Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
1.   Tulisan ing ngisor iki blaten lan kandelana!
(Materi lihat di buku)
2.   Tulisan ing ingisor iki salinen ing bukumu!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
Tembang dolanan ing ngisor iki tembangna!
(Materi lihat di buku)




             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 2)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  I (satu) / 1
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                       2.      Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                       3.      Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                       4.      Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                       5.      Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan dan membedakan bunyi/suara dan bunyi bahasa
                                          2.1.   Menjelaskan isi gambar.
                                          3.1.   Membaca nyaring.
                                          4.1.   Menjiplak dan menebalkan.
                                          4.2.   Menyalin.
      Indikator                        :  1.   Dapat membedakan berbagai bunyi/suara tertentu secara tepat.
                                                2.   Dapat melafalkan bunyi yang didengarkan dengan tepat.
                                                3.   Dapat mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang didengar.
                                                4.   Dapat menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang didengarkan.
                                                5.   Dapat menjelaskan isi gambar.
                                                6.   Dapat bertanya jawab dengan teman tentang gambar.
                                                7.   Dapat mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana.
                                                8.   Dapat membaca nyaring kata atau kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
                                                9.   Dapat menjiplak dan menebalkan huruf atau kata.
                                              10.   Dapat menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dengan huruf tegak lepas dan atau huruf tegak bersambung.
Alokasi Waktu             :  8   X  40 menit ( 4  pertemuan)



1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat membedakan bunyi bahasa.
      b.   Siswa dapat menjelaskan isi gambar.
      c.   Siswa dapat membaca nyaring bacaan sederhana.
      d.   Siswa dapat menjiplak atau menebalkan dan menyalin huruf, kata, atau kalimat.


2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Bunyi suara tertentu di lingkungan sekitar.
Bunyi bahasa
Contoh: bapak, ibu, aku, dll.
Gambar tunggal atau seri tentang “Keluarga”

      b.   Pertemuan kedua
Gambar tunggal atau seri tentang “Keluarga”.

      c.   Pertemuan ketiga
Huruf, kata, suku kata, dan kalimat tentang ”Keluarga”

      d.   Pertemuan keempat
Huruf, kata, atau kalimat.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mendengarkan cerita guru tentang berbagai bunyi/suara tertentu.
Ø  Siswa membedakan berbagai bunyi/suara tertentu secara tepat.
Ø  Siswa melafalkan bunyi yang didengarkan dengan tepat.
Ø  Siswa mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang didengar.
Ø  Siswa menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang didengarkan
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mengamati gambar tentang kegiatan yang dilakukan di lingkungan keluarga.
Ø  Siswa menjelaskan isi gambar.
Ø  Siswa bertanya jawab dengan teman tentang gambar.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mengenali huruf-huruf /b/, /d/, /p/, /h/, dan /k/.
Ø  Siswa membaca huruf-huruf /b/, /d/, /p/, /h/, dan /k/ sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana.
Ø  Siswa membaca nyaring kata atau kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Atas bimbingan guru siswa menjiplak dan menebalkan huruf atau kata yang ada dalam buku dengan menggunakan kertas tipis.
Ø  Siswa menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dengan huruf tegak lepas.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.


5.   Sumber Belajar
      a.  Gambar tunggal atau seri tentang keluarga.
      b.  Berbagai model huruf dan kata.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 1, Penerbit Yudhistira (Wulangan 2: hal. 21-42)



6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja, Tes lisan, dan Penugasan.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes identifikasi, Tes simulasi, Daftar pertanyaan, Uji kerja proses
                                                   dan hasil, dan Tugas proyek dan tugas rumah
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
1.   Kepriye unine gambar ing ngisor iki?
2.   Coba tirokna swarane gambar ing ngisor iki!
3.   Jodhokna gambar iki karo katerangane!
4.   Golongna gambar ing ngisor iki:
      a. Endi keluwargane Sari?
      b. Endi sing dudu keluwar-
          gane Sari?
            (Materi lihat di buku)
Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Apa sing ditindakake gambar ing ngisor iki?
2.   Omong-omongana bab isine gambar!
            (Materi lihat di buku)
Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Aksara lan ukara ing ngisor iki wacanen sing banter!
2.   Wacan ing ngisor iki wacanen sing banter!
            (Materi lihat di buku)
Soal untuk Pertemuan Keempat
1.   Tulisan ing ngisor iki blaten lan kandelana!
     (Materi lihat di buku)
2.   Tulisan ing ingisor iki salinen ing bukumu!
            (Materi lihat di buku)




















             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 3)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  I (satu) / 1
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                       2.      Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                       3.      Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                       4.      Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan dan melakukan sesuatu.
                                          2.1.   Menyapa orang lain.
                                          3.1.   Membaca nyaring.
                                          4.1.   Menulis permulaan.
      Indikator                        :  1.   Dapat melakukan sesuatu sesuai permintaan/perintah guru.
                                                2.   Dapat menyapa teman, guru, dan orang yang lebih tua dengan bahasa yang santun.
                                                3.   Dapat menyampaikan salam permohonan maaf, ijin, dan terima kasih kapada teman, guru, dan orang yang lebih tua dengan bahasa yang bijak.
                                                4.   Dapat mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana.
                                                5.   Dapat membaca nyaring kata atau kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
                                                6.   Dapat melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar.
                                                7.   Dapat menulis huruf, kata, atau kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung.
Alokasi Waktu             :  8   X  40 menit ( 4  pertemuan)


1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat melakukan sesuatu yang diperintahkan guru.
      b.   Siswa dapat menyapa orang lain, menyampaikan salam, dan meminta maaf.
      c.   Siswa dapat membaca nyaring bacaan sederhana.
      d.   Siswa dapat menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung.

2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Teks kalimat perintah tentang “ Kegiatan “

      b.   Pertemuan kedua
-  Kalimat sapaan dengan bahasa yang santun.
-  Kalimat salam, permohonan maaf, ijin, dan terima kasih dengan bahasa yang santun.
      c.   Pertemuan ketiga
Huruf, suku kata, kata, dean kalimat sesuai dengan tema.

      d.   Pertemuan keempat
-  Gambar sesuai tema.
-  Huruf, kata, kalimat dengan huruf tegak bersambung.

3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mendengarkan guru yang sedang membaca teks wacana di buku.
Ø  Siswa melakukan sesuatu sesuai permintaan/perintah guru.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.


Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru dalam memberi contoh cara menyapa orang lain, cara menyampaikan salam, cara meminta maaf, cara mohon ijin, dan cara menyampaikan ucapan terima kasih.
Ø  Siswa menyapa teman, guru, dan orang yang lebih tua dengan bahasa yang santun.
Ø  Siswa menyampaikan salam permohonan maaf, ijin, dan terima kasih kapada teman, guru, dan orang yang lebih tua dengan bahasa yang bijak
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.




Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mengenali huruf-huruf /j/, /g/, dan /y/ kemudian membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana.
Ø  Siswa membaca nyaring kata atau kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan gambar yang diperlihatkan guru di papan tulis atau gambar yang ada di dalam buku.
Ø  Siswa melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar.
Ø  Siswa menulis huruf, kata, atau kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.



5.   Sumber Belajar
      a.  Model berisi tentang teks kalimat perintah mengenai ”kegiatan”.
      b.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 1, Penerbit Yudhistira (Wulangan 3: hal. 43-58)
      c.  Buku Penunjang lain yang relevan



6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja, Observasi, Tes tulis, dan Portofolio.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes simulasi, Lembar observasi Uji kerja proses dan hasil, dan
                                                    Dokumen pekerjaan siswa.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
Coba tindakna apa sing didhawuhake dening gurumu!

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Praktekna karo kancamu carane nyapa aruh!
2.   Praktekna carane uluk salam, njaluk ngapura, lan matur nuwun marang gurumu utawa wong tuwamu lan kancamu!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Aksara lan ukara ing ngisor iki wacanen sing banter!
2.   Wacan ing ngisor iki wacanen sing banter!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
1.   Jangkepana ukara ing ngisor iki adhedhasar katerangane gambar sing ana!
2.   Ukara ing ngisor iki tulisen nganggo aksara Latin!
            (Materi lihat di buku)
















             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 4)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  I (satu) / 2
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                       2.      Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                       3.      Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                       4.      Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                       5.      Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan dan memahami pesan.
                                          2.1.   Mengenal nama warna, nama dan fungsi anggota tubuh.
                                          3.1.   Membaca lancar (bersuara).
                                          4.1.   Menulis permulaan.
                                          5.1.   Mengapresiasi tembang dolanan.
      Indikator                        :  1.   Dapat menjawab pertanyaan tentang isi pesan.
                                                2.   Dapat menyampaikan pesan yang di sampaikan orang lain.
                                                3.   Dapat menyebutkan nama warna.
                                                4.   Dapat menyebutkan nama anggota badan dan kegunaannya dengan kalimat sederhana menggunakan bahasa yang santun.
                                                5.   Dapat membaca teks sederhana dengan lafal dan intonasi yang benar.
                                                6.   Dapat menjawab pertanyaan bacaan.
                                                7.   Dapat menulis huruf, kata, atau kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung.
                                                8.   Dapat menulis  huruf  kapital  pada  awal  kalimat  untuk  nama orang.
                                                9.   Dapat menyanyikan tembang dolanan.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)


1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat menyampaikan pesan kepada orang lain.
      b.   Siswa dapat menyebutkan nama warna, nama dan fungsi anggota tubuh.
      c.   Siswa dapat membaca bacaan sederhana dengan lancar.
      d.   Siswa dapat menulis huruf, kata, atau kalimat dengan huruf tegak bersambung.
      e.   Siswa dapat menyanyikan tembang dolanan.

2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Pesan teman atau orang lebih tua. (dibacakan guru)
Dengan tema “Budi Pekerti”.
      b.   Pertemuan kedua
Nama warna.
Nama dan fungsi anggota tubuh menggunakan bahasa yang santun.

      c.   Pertemuan ketiga
Bacaan sederhana tentang “ Budi Pekerti “.

      d.   Pertemuan keempat
Huruf, kata, atau kalimat dengan huruf tegak bersambung.
Huruf kapital pada awal kata untuk nama orang.

      e.   Pertemuan kedua
Tembang dolanan.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan teks bacaan yang ada dalam buku yang dibacakan oleh guru.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan tentang isi pesan.
Ø  Siswa menyampaikan pesan yang di sampaikan orang lain.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan benda berwarna-warni yang ditunjukkan oleh guru.
Ø  Siswa menyebutkan nama warna.
Ø  Siswa menyebutkan nama anggota badan dan kegunaannya dengan kalimat sederhana menggunakan bahasa yang santun.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru dalam memberikan contoh cara membaca yang benar.
Ø  Siswa membaca teks sederhana dengan lafal dan intonasi yang benar.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan bacaan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan contoh-contoh huruf tegak bersambung yang diberikan oleh guru.
Ø  Siswa menulis huruf, kata, atau kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung.
Ø  Siswa menulis  huruf  kapital  pada  awal  kalimat  untuk  nama orang.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.
Ø  Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.
Ø  Siswa menyanyikan tembang dolanan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.





5.   Sumber Belajar
      a.  Rekaman/model orang yang sedang menyampaikan pesan.
      b.  Kaset pita/VCD beserta tape recorder/VCD Player.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 1, Penerbit Yudhistira (Wulangan 4: hal. 59-73)
      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Dolanan”.


6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes tulis, Tes unjuk kerja, Tes lisan, Observasi, Penugasan, dan
                                                    Penilaian diri.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes uraian, Tes simulasi, Daftar pertanyaan, Lembar observasi,
                                                   Tes identifikasi, Tugas proyek dan tugas rumah, Lembar penilaian
                                                    diri.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
1.   Coba tulisen pesene gurumu marang kancamu!
2.   Kandhakna apa sing sing dipesenake gurumu ing ngisor iki!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Coba ucapna apa rupane barang ing ngisor iki!
2.   Ucapna perangane awak ing ngisor iki lan sebutna apa guna paedahe!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Wacan ing ngisor iki wacanen sing banter!
2.   Wangsulana pitakon ing ngisor iki!
 (          Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
1.   Tulisan Latin ing ngisor iki turunen lan salinen ing buku tulismu!
2.   Jeneng-jenenge wong ing ngisor iki tulisen Latin!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
Tembang dolanan ing ngisor iki tembangna!
(Materi lihat di buku)









             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 5)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  I (satu) / 2
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                       2.      Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                       3.      Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                       4.      Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                       5.      Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan percakapan sederhana.
                                          2.1.   Mengenali nama benda di sekitar.
                                          3.1.   Membaca indah.
                                          4.1.   Menulis kata yang didiktekan guru.
                                          5.1.   Mengapresiasi dongeng.
      Indikator                        :  1.   Dapat menyampaikan  isi  percakapan  sederhana  dengan menggunakan bahasa yang santun.
                                                2.   Dapat menyebutkan  nama  benda  disekitar  yang berkaitan dengan pengalaman.
                                                3.   Dapat membaca teks / bacan pendek dengan lafal dan intonasi yang benar.
                                                4.   Dapat menjawab pertanyaan bacaan.
                                                5.   Dapat menulis kata atau kalimat sederhana secara benar dan tepat sesuai dengan yang didiktekan guru.
                                                6.   Dapat menulis tanda baca titik pada akhir kalimat.
                                                7.   Dapat mendengarkan dongeng.
                                                8.   Dapat menjawab pertanyaan dongeng.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)



1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat menyampaikan isi percakapan dengan bahasanya sendiri.
      b.   Siswa dapat menyebutkan nama-nama bendi di sekitarnya.
      c.   Siswa dapat membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang benar.
      d.   Siswa dapat menulis kata atau kalimat sederhana yang didiktekan guru.
      e.   Siswa dapat menjawab pertanyaan guru tentang dongeng yang didengar.

2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Teks percakapan tentang “Kesehatan”

      b.   Pertemuan kedua
Benda-benda disekitar.

      c.   Pertemuan ketiga
Bacaan pendek tentang “ Kesehatan ”

      d.   Pertemuan keempat
-  Kata atau kalimat sederhana (untuk didiktekan guru)
-  Tanda baca : titik

      e.   Pertemuan kedua
Dongeng.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mendengarkan guru membacakan teks percakapan yang ada dalam buku.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang isi teks percakapan.
Ø  Siswa menyampaikan  isi  percakapan  sederhana  dengan menggunakan bahasa yang santun.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan benda-benda yang ada di sekitarnya.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang benda-benda yang telah dilihatnya.
Ø  Siswa menyebutkan  nama  benda  disekitar  yang berkaitan dengan pengalaman.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang cara membaca yang benar.
Ø  Siswa membaca teks / bacan pendek dengan lafal dan intonasi yang benar.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan bacaan
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menulis yang benar.
Ø  Siswa menulis kata atau kalimat sederhana secara benar dan tepat sesuai dengan yang didiktekan guru.
Ø  Siswa menulis dan menerapkan tanda baca titik pada akhir kalimat.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mendengarkan dengan seksama gurunya yang sedang mendongeng.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan isi dongeng yang didengarnya.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.






5.   Sumber Belajar
      a.  Rekaman/model orang yang sedang mendongeng.
      b.  Chart yang berisi huruf tegak bersambung.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 1, Penerbit Yudhistira (Wulangan 5: hal. 74-86)
      d.   Buku Penunjang lain yang relevan.


6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja, Tes tulis, dan Penugasan.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes simulasi, Tes uraian, Tugas rumah dan tugas proyek.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
Coba terangna marang kancamu, apa isine pacelathon sing ana ing buku!
(Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
Sebutna jenenge barang-barang ing sakiwa tengenmu!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Wacan sing ana ing buku wacanen kanthi pocapan sing bener!
2.   Wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
 (          Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
1.   Ukara iki tulisen ing bukumu! (Kalimat didiktekan oleh guru)
2.   Ukara ing ngisor iki wenehana tandha pawacan!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
1.   Rungokna dongeng sing didongengake gurumu, catheten bab-bab sing penting.
2.   Wangsulana pitakon bab isine dongeng!
            (Materi lihat di buku)













             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 6)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  I (satu) / 2
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                       2.      Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                       3.      Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                       4.      Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                       5.      Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan percakapan sederhana.
                                          2.1.   Melakukan percakapan sederhana.
                                          3.1.   Membaca penggalan cerita.
                                          4.1.   Menulis rapi
                                          5.1.   Mengapresiasi tembang dolanan.
      Indikator                        :  1.   Dapat menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
                                                2.   Dapat melakukan percakapan sederhana secara berpasangan dengan bimbingan guru.
                                                3.   Dapat melakukan tanya jawab tentang isi percakapan.
                                                4.   Dapat membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
                                                5.   Dapat menjawab pertanyaan bacaan.
                                                6.   Dapat menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
                                                7.   Dapat menyanyikan tembang dolanan.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)



1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat menjelaskan isi percakapan.
      b.   Siswa dapat melakukan percakapan sederhana dengan temannya.
      c.   Siswa dapat membaca penggalan cerita dan memahai isinya.
      d.   Siswa dapat menulis huruf tegak bersambung dengan rapi.
      e.   Siswa dapat menyanyikan tembang dolanan.

2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Teks percakapan tentang“Pendidikan”.

      b.   Pertemuan kedua
Percakapan sederhana mengguna kan bahasa yang santun.
      c.   Pertemuan ketiga
Paragraf pendek berisi beberapa kalimat sederhana ( lima sampai delapan kalimat).

      d.   Pertemuan keempat
Kalimat dengan huruf  tegak bersambung.

      e.   Pertemuan kedua
Tembang dolanan.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan teks wacana yang dibacakan guru.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan teks wacana yang ada dalam buku.
Ø  Siswa melakukan percakapan sederhana secara berpasangan dengan bimbingan guru.
Ø  Siswa melakukan tanya jawab tentang isi percakapan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.




Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggalan cerita yang ada dalam buku.
Ø  Siswa membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
Ø  Siswa mencatat hal-halpenting dalam cerita.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan bacaan..
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan contoh-contoh huruf tegak bersambung yang diberikan oleh guru.
Ø  Siswa menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.
Ø  Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.
Ø  Siswa menyanyikan tembang dolanan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.


5.   Sumber Belajar
      a.  Chart berisi dialog singkat.
      b.  Kaset pita/VCD beserta tape recorder/VCD Player.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 1, Penerbit Yudhistira (Wulangan 6: hal. 87-98)
      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Dolanan”.
6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes tulis, Tes unjuk kerja, Tes lisan, dan Penugasan.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes uraian, Tes identifikasi dan simulasi, Daftar pertanyaan, Tugas
                                                    proyek dan tugas rumah.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
Rungokna teks pacelathon sing diwaca gurumu, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Nggawea pacelathon banjur   praktekna karo kancamu.
2.   Nggawea pitakonan ngenani isine pacelathon sing ditindakake kancamu!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Pethilan crita ing ngisor iki wacanen sing bener!
2.   Wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
 (          Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
Ukara ing ngisor iki tulisen nganggo aksara Latin!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
Tembang dolanan ing ngisor iki tembangna!
(Materi lihat di buku)










             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP












Tidak ada komentar:

Posting Komentar