Jumat, 23 Agustus 2013

EDS buat siswa



S.3.5  Kesulitan kamu dalam mengerjakan soal UN adalah
    materi soal UN tidak dipelajari di sekolah
    soal terlalu sulit
    tidak mengetahui kisi-kisi UN
    kurangnya buku sumber untuk belajar
    kurang memahami materi pelajaran yang diajarkan di sekolah
    kurangnya latihan penyelesaian soal setara UN
S.3.6  Kesulitan kamu dalam menguasai pelajaran di sekolah adalah :
    materi pelajaran terlalu sulit untuk dipahami
    materi pelajaran terlalu banyak
    dasar pengetahuan yang diperoleh sebelumnya kurang mendukung
    guru  tidak menjelaskan materi yang sulit secara rinci
    penjelasan guru sukar dipahami
S.3.7  Jumlah percobaan/eksplorasi yang kamu lakukan di sekolah selama satu semester adalah
  a.  tidak ada
  b.  satu sampai tiga percobaan
  c.  empat sampai tujuh percobaan
  d.  lebih dari tujuh percobaan
S.3.8  Jumlah karya (selain karya tulis) yang kamu buat atas petunjuk guru selama satu semester adalah
  a.  tidak ada
  b.  satu sampai tiga percobaan
  c.  empat sampai tujuh percobaan
  d.  lebih dari tujuh percobaan
S.3.9  Jumlah buku yang kamu baca dan dibuat intisari atau penyajiannya atas petunjuk guru selama satu semester adalah
  a.  tidak ada
  b.  satu sampai tiga percobaan
  c.  empat sampai tujuh percobaan
  d.  lebih dari tujuh percobaan
S.3.11  Kegiatan belajar yang kamu lakukan di sekolah pada umumnya mencakup hal-hal sebagai berikut :
    Penguasaan informasi (pesan) yang ada pada buku teks dan bahan ajar lainnya
    Pengolahan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber
    Pengolahan informasi dan penyampaiannya menggunakan tulisan, gambar, dan grafik.
    Bersosialisasi dengan masyarakat dalam kegiatan tertentu
    Magang atau terlibat aktif dalam kegiatan pada sebuah kantor atau tempat kerja
    Mempelajari teknik dan taktik olah raga serta mempraktekkannya
    Praktek di bengkel atau laboratorium
    Mempelajari teori dan teknik, serta mempraktekkan kesenian tertentu
    Mempelajari  tatacara beribadah dan menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari
S.3.12  Kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan oleh guru di sekolah kamu adalah :
    Menyampaikan pelajaran tidak hanya ceramah, namun diselingi aktivitas lain yang tidak membosankan
    membimbing siswa dalam belajar, tidak hanya memberikan tugas
    memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya
    penjelasan guru padat dan ringkas, serta mudah dipahami
    memperhatikan siswa ketika mengajar
    melibatkan siswa dalam menggunakan media dan fasilitas belajar
    teori  diikuti dengan pelaksanaan praktek
    bersikap adil dalam melakukan penilaian
    melakukan penilaian sesuai dengan materi yang diajarkan
S.3.14  Kebiasaan baik yang ada di sekolah dan berpengaruh terhadap sikap dan perilaku siswa adalah:
    Memberi salam ketika bertemu guru
    Berdoa sebelum mulai belajar
    Antrian dalam melakukan kegiatan tertentu
    Membersihkan ruang kelas   secara bergantian (sesuai jadwal)
    Bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah
    Berpartipasi dalam penanggulangan masalah yang terjadi di masyarakat
    Berpartisipasi dalam kehidupan bersosial (menjenguk teman/guru yang sakit, melayat teman atau keluarga yang 
meninggal)
S.3.16  Proses belajar yang kamu alami di sekolah terkait dengan keterampilan berkomunikasi (membaca, menyimak, menulis, dan
berbicara) adalah :
    Membuat karya tulis dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
    Melaporkan hasil telaah buku secara tulisan dan lisan
    Membuat laporan kegiatan hasil projek, eksperimen atau  penelitian
    Membuat dokumen perencanaan dan pelaporan hasil kegiatan
    Berdiskusi dan mengajukan ide dalam belajar berkelompok
    Memaparkan hasil pemantauan, jajak pendapat, dan/atau wawancara secara lisan dan tulisan
S.3.21  Kegiatan belajar di sekolah yang kamu ikuti pada umumnya mencakup aktivitas guru dalam :
    menyampaikan tujuan belajar
    menjelaskan manfaat pelajaran dan kaitannya dengan pelajaran yang lain
    mengecek pemahaman kamu terkait dengan pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya
    memaparkan kemajuan belajar siswa secara umum berdasarkan hasil ulangan
    menarik perhatian kamu dengan memperlihatkan sesuatu, bercerita, atau hal lainnya
    memberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan jawaban yang sesuai
    menugaskan untuk melakukan penyelidikan (ekplorasi) tentang suatu permasalahan
    mengecek pemahaman siswa terkait materi yang diajarkan
    menugaskan untuk melakukan latihan pemantapan materi
    memberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil kerja
    melibatkan kamu dalam membuat rangkuman pelajaran
    memberikan tugas untuk mempelajari materi pada pertemuan selanjutnya
    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar
S.3.22  Tugas yang diberikan oleh guru dalam belajar mencakup aktivitas :
    Mengerjakan soal-soal pada buku lembar kerja siswa
    Menyalin informasi dari buku teks atau catatan guru di papan tulis
    Membaca atau menelaah buku dan menyampaikan rangkumannya secara tertulis atau lisan
    Membuat karya tulis dengan sumber informasi dari buku, internet, dan/atau  majalah/koran
    Melakukan pengamatan dan melaporkan hasil percobaan dalam pembelajaran IPA
    Melakukan pengamatan dan mengenali  permasalahan sosial masyarakat sekitar
    Membuat karya secara mandiri atau berkelompok dan menyampaikan informasi tentang hasil k
    Mengumpulkan data dari nara sumber melalui wawancara, angket, atau teknik lainnya dan hasi
kelas
S.3.23  Nasehat dan aturan yang sering diberikan guru dalam belajar adalah:
    tekun belajar untuk menguasai ilmu yang berguna bagi kehidupan
    berlaku jujur dalam melaporkan hasil pengamatan
    mengerjakan tugas secara sungguh-sunggguh dan tidak menyalin hasil kerja teman
    bertanggungjawab dalam bertindak, terutama jika melakukan kesalahan
    menghormati orang tua, guru dan orang lain
    bersikap sportif dan mematuhi tatatertib sekolah
S.3.24  Hal yang kamu sukai dari guru ketika mengajar adalah
    berbicara santun, lugas, dan mudah dimengerti
    suara dapat didengar dengan jelas ketika mengajar
    menyesuaikan materi pembelajaran dengan kemampuan peserta didik
    memberikan balikan atas kelemahan kamu dalam belajar
    mendorong dan menghargai peserta didik dalam bertanya dan mengeluarkan pendapat
    berpenampilan rapi dan menyenangkan
    mampu memberikan inspirasi
S.3.25  Fasilitas yang pernah kamu gunakan dalam belajar adalah :
    Lapangan dan perangkat olahraga di sekolah
    Peralatan bengkel atau laboratorium yang tersedia di sekolah
    Peralatan bengkel atau laboratorium yang ada di luar sekolah
    Peralatan seni yang tersedia di sekolah
    Fasilitas komputer dan/atau media belajar yang tersedia di sekolah
    Buku, CD/DVD, kaset, dan bahan lainnya yang tersedia di perpustakaan sekolah
S.3.26  Teknologi informasi dan komunikasi  yang dimanfaatkan oleh guru sebagai sumber /media belajar  :
    Internet
    Radio
    Televisi
    Komputer
S.4.5  Penyampaian prosedur dan kriteria penilaian dari guru kepada siswa:
  a.  Dilaksanakan pada awal semester
  b.  Dilaksanakan pada tengah semester
  c.  Dilaksanakan pada akhir semester
  d.  Tidak disampaikan
S.5.9  Hal yang dapat kamu jadikan teladan dalam sikap dan perilaku guru pada umumnya adalah:
    Selalu hadir dalam mengajar
    Menepati janji dan sportif dalam bertindak
    Berani dan tegas dalam mempertahankan kebenaran
    Bertanggung jawab dalam mengasuh kegiatan siswa
    Memperhatikan dan membantu siswa yang menghadapi permasalahan belajar
    Bersikap adil dalam memberikan penilaian
    Menerima saran/kritik yang membangun dari peserta didik atau guru lain
    Menghargai peserta didik dan menjalin komunikasi yang baik dengan semua orang
S.7.21  Kondisi kamar kecil (toilet/jamban)  yang dimiliki  sekolah:
    Sirkulasi udara baik
    Ruangan bersih
    Ketersediaan air cukup
    Pencahayaan cukup

1 komentar:

  1. Hotel Casino & Spa, Las Vegas, NV - MapYRO
    Hotel Casino & 진주 출장샵 Spa, Las Vegas, NV. 3499 Las Vegas Blvd S. South 89109. Phone: (702) 770-3310. 제천 출장안마 Visit Website. 삼척 출장안마 https://www.lasvegaskids.net/. LasVegas. Rating: 아산 출장마사지 4.2 · ‎2,076 사천 출장안마 votes

    BalasHapus