Senin, 29 Juli 2013

RPP Bahas Jawa kelas 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 1)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  IV (empat) / 1
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                          2.   Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                          3.   Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                          4.   Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                          5.   Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengar-kan cerita tentang pengalaman menarik.
                                          2.1.   Bercerita tentang pengalaman yang menarik.
                                          3.1.   Membaca geguritan.
                                          4.1.   Menulis kalimat.
                                          4.2.   Menulis dengan huruf Jawa.
                                          5.1.   Mengapresiasi dongeng.
      Indikator                        :  1.   Menceritakan kembali isi cerita dengan kata-kata sendiri (ragam bahasa sendiri).
                                                2.   Menanggapi isi cerita.
                                                3.   Menceritakan pengalaman  pribadi dengan bahasa sederhana.
                                                4.   Menjawab pertanyaan yang diajukan secara lisan dengan bahasa yang santun.
                                                5.   Menggunakan  bahasa  ngoko  dan  krama  dalam percapakan.
                                                6.   Membaca geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
                                                7.   Menjawab pertanyaan.
                                                8.   Membuat kalimat dengan menggunakan tembung camboran.
                                                9.   Membuat kalimat berita dan kalimat tanya
                                              10.   Menulis dengan huruf Jawa menggunakan sandhangan panyigeg.
                                              11.   Menulis kembali isi dongeng.
                                              12.   Menyebutkan nama tokoh dan wataknya.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)



1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat Menanggapi dan menceritakan isi cerita yang didengarkan.
      b.   Siswa dapat menceritakan pengalaman pribadi yang paling berkesan.
      c.   Siswa dapat membaca membaca geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
      d.   Siswa dapat menulis kalimat berita dan kalimat tanya terutama yang menggunakan tembung camboran.
      e.   Siswa dapat mengapresiasi dongeng.
2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Cerita tentang pengalaman
Misal: Pariwisata..

      b.   Pertemuan kedua
-  Cerita pengalaman pribadi
-  Basa ngoko dan krama.

      c.   Pertemuan ketiga
Teks geguritan.

      d.   Pertemuan keempat
-  Tembung camboran
-  Kalimat berita dan tanya
-  Tulisan huruf Jawa (sandhangan panyigeg).

      e.   Pertemuan kelima
Dongeng
Misal: Kancil lan Baya.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru yang sedang menceritakan pengalamannya yang menarik.
Ø  Siswa mendengarkan cerita pengalaman dalam buku yang dibaca temannya.
Ø  Siswa menceritakan kembali isi cerita dengan kata-kata sendiri (ragam bahasa sendiri).
Ø  Siswa memberi tanggapan dari isi cerita yang diceritakan temannya.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru tentang cara menceritakan pengalaman sendiri yang menarik.
Ø  Siswa menceritakan pengalaman  pribadi dengan bahasa sederhana.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru yang diajukan secara lisan dengan bahasa yang santun.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pengunaan basa ngoko dan krama.
Ø  Siswa menggunakan  bahasa  ngoko  dan  krama  dalam percapakan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru dalam membaca geguritan.
Ø  Siswa membaca geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Ø  Siswa mencatat arti kata-kata sulit yang ada dalam geguritan.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi geguritan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang definisi dan penggunaan tembung camboran.
Ø  Siswa membuat kalimat dengan menggunakan tembung camboran.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kalimat berita dan kalimat tanya.
Ø  Siswa membuat kalimat berita dan kalimat tanya dengan bahasanya sendiri.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang jenis dan penggunaan sandhangan panyigeg.
Ø  Siswa menulis kata atau kalimat sederhana dengan huruf Jawa menggunakan sandhangan panyigeg.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.


Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan dan mendengarkan gurunya yang sedang mendongeng.
Ø  Siswa menyebutkan nama-nama tokoh dan perwatakannya dalam dongeng.
Ø  Siswa menulis kembali isi dongeng dengan bahasanya sendiri.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.


5.   Sumber Belajar
      a.  Rekaman/model orang yang sedang menceritakan pengalaman pribadi.
      b.  Chart berisi teori-teori materi peljaran.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 4, Penerbit Yudhistira (Wulangan 1: hal. 1-20)
      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Menulis Huruf Jawa”.
      e.   Majalah ”Jaya Baya” dan ”Panyebar Semangat”


6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja, Penilaian diri, Tes tulis, dan Portofolio.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes identifikasi, Tes simulasi, Uji kerja proses dan hasil, Tes tulis,
                                                    dan Dokumen pekerjaan siswa.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
1.   Rungokna kancamu sing lagi nyritakake pengalaman sing ora bisa dilalekake, banjur critakna maneh nganggo basamu dhewe apa isi critane
2.   Tanggapana kancamu sing lagi nyritakake pengalamane
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Critakna pengalamanmu sing paling ora bisa koklalekake nggunakake basa sing gampang dingerteni kancamu!
2.   Wangsulana pitakonan saka gurumu utawa kancamu sarana nggunakake basa Jawa sing trep!
3.   Basa sing isih luput ing ngisor iki benerna!
      a. Kula badhe siram.
      b. Panjenengan kula utus
          tindak ngriki.
      c. Asma kula Sunarwati.
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   nggoleka geguritan saka medhiya apa wae banjur wacanen kanthi lagu lan pocapan sing trep
2.   Terangna tegese tembung-tembung kang utama jroning geguritan kasebut
3.   Wangsulana pitakon bab isine geguritan
            (Materi lihat di buku)



Soal untuk Pertemuan Keempat
1.   Nggoleka tuladha tembung camboran banjur gawenen ukara!
2.   Ngawe tuladha ukara pitakon lan ukara andharan!
3.   Tulisan Jawa iki wacanen!
      a. tukubr=si=lr=
      b. swh[ajemB/
4.   Ukara iki tulisan nganggo aksara Jawa
       Weruh bolah udhar
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
1.   Nggoleka crita utawa dongeng saka sumber ngendi wae banjur ringkesen!
2.   Tulisen isi bakune dongeng sing kokwaca!
3.   Tulisen wewatakane para paraga jroning dongeng sing kokwaca!
            (Materi lihat di buku)













             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 2)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  IV (empat) / 1
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                          2.   Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                          3.   Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                          4.   Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                          5.   Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan pembacaan teks.
                                          2.1.   Menerapkan unggah-ungguh basa dalam percakapan.
                                          2.2.   Unggah-ungguh basa.
                                          3.1.   Membaca cepat.
                                          3.2.   Membaca tulisan Jawa.
                                          4.1.   Membuat kalimat.
                                          5.1.   Mengapresiasi cerita.
      Indikator                        :  1.   Menyimpulkan isi cerita.
                                                2.   Menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sederhana.
                                                3.   Memperagakan teks dialog.
                                                4.   Menggunakan basa ngoko lugu, ngoko alus dan krama.
                                                5.   Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
                                                6.   Mengidentifikasi kata-kata yang bersinonim dalam bacaan.
                                                7.   Menjawab pertanyaan bacaan.
                                                8.   Membaca kalimat dalam tulisan Jawa.
                                                9.   Membuat kalimat dengan menggunakan ater-ater dak, ko-, di-.
                                              10.   Membuat kalimat dengan menggunakan ater-ater dak, ko-, di-.
                                              11.   Mengubah geguritan menjadi bentuk prosa.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)



1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita yang didengar.
      b.   Siswa dapat memperagakan teks dialog.
      c.   Siswa dapat membaca teks bacaan dengan tepat dan dapat membaca tulisan Jawa.
      d.   Siswa dapat menerapkan penggunaan ater-ater tripurusa dan menerapkan paribasan.
      e.   Siswa dapat mengubah geguritan menjadi prosa.




2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Teks cerita
Tentang lingkungan.
      b.   Pertemuan kedua
-  Teks dialog
-  Basa ngoko/krama.

      c.   Pertemuan ketiga
-  Teks bacaan
-  Tulisan huruf Jawa

      d.   Pertemuan keempat
-  Ater-ater tripurusa
-  Paribasan.

      e.   Pertemuan kelima
Teks geguritan.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mendengarkan pembacaan teks cerita tentang lingkungan.
Ø  Siswa mencatat hal-hal penting tentang isi cerita.
Ø  Siswa menyimpulkan isi cerita.
Ø  Siswa menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sederhana.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.


Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan teks dialog yang dibacakan oleh guru sambil mencatat perwatakan dari masing-masing tokoh.
Ø  Siswa memperagakan teks dialog yang ada di buku dengan temannya.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.
Ø  Siswa menggunakan basa ngoko dan krama dalam percakapan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru dalam membaca wacana terutama dalam melafalkan kata demi kata.
Ø  Siswa membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kata-kata yang bersinonim.
Ø  Siswa mengidentifikasi kata-kata yang bersinonim dalam bacaan.
Ø  Siswa membaca kalimat dalam tuisan Jawa.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang jenis dan penggunaan ater-ater tripurusa.
Ø  Siswa membuat kalimat dengan menggunakan ater-ater dak, ko-, di-.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang paribasan.
Ø  Siswa menjelaskan makna paribasan yang diberikan oleh guru atau yang ada dalam buku..
Ø  Siswa membuat kalimat dengan menggunakan paribasan yang sederhana.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.







Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa menulis kata-kata penting yang ada dalam sebuah geguritan kemudian mencari maknanya dalam kamus.
Ø  Siswa mengartikan kata-demi kata, dan kalimat demi kalimat dalam sebuah geguritan untuk memahami isinya.
Ø  Siswa mengubah geguritan menjadi bentuk prosa.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.


5.   Sumber Belajar
      a.  Rekaman/model orang yang sedang membaca geguritan.
      b.  Chart berisi rangkuman materi pelajaran yang akan diajarkan.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 4, Penerbit Yudhistira (Wulangan 2: hal. 21-36)
      d.   Majalah ”Jaya Baya” dan ”Panyebar semangat”.


6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja, Tes tulis, dan Penugasan.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes identifikasi, Tes simulasi, Tes uraian, Uji petik kerja proses dan
                                                    uji petik kerja hasil, Tugas proyek dan tugas rumah.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
1.   Rungokna pamacane wacan bab lingkungan banjur tulisen intisarine crita!
2.   Critakna nganggo basamu dhewe isine crita sing mentas kokrungokake!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Praktekna teks pacelathon ing bukumu!
2.   Ukara iki kramakna!
      a. Bapak nggawa buku.
      b. Aku nggawa tas anyar.
      c. Klambine ibu suwek.
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Wacan ing bukumu wacanen sing setiti banjur wangsulana pitakon-pitakon bab isine wacan!
2.   Tembung iki golekana dasanamane!
      a. kembang    b. lintang
3.   Tulisan Jawa iki wacanen!
      tuk=af=segpun/[sf
            (Materi lihat di buku)




Soal untuk Pertemuan Keempat
1.   Nggawea tuladha tembung sing nggunakake ater-ater tripurusa banjur gawenen ukara sing trep!
2.   Apa tegese paribasan iki!
      a. Kerot tanpa untu.
      b. Nabok nyilih tangan
3.   Paribasan iki gawenen ukara sing trep!
      a. Tunggal banyu
      b. Blaba wuda
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
1.   Nggoleka geguritan saka medhiya apa wae banjur terangna tegese tembung kang utama!
2.   Geguritan sing kokwaca owahana dadi basa gancaran
            (Materi lihat di buku)
















             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP