Selasa, 25 Juni 2013

Syarat-syarat Pengajuan NUPTK

1. NIK (Kartu Keluarga / KTP)
2. Biodata Diri
3. Ijazah Pendidikan Terakhir
4. Ijazah SD

kurang lebihnya seperti itu

Kemudian minta operator entry data pengajuan NUPTK baru (a05)

Daftar Guru SDN Jogomerto 1

 Nama : Basuki, S.Pd
 NIP    : 19620914  198201 1 005
 TTL      : Nganjuk.  14-09-1962  
 Nama : Sutoyo, S.Pd.SD
 NIP    : 19580605  198112 1 002
 TTL      : Nganjuk. 05-06-1958
 Nama : Sumarlan Miqyanto, S.Pd.I
 NIP   : 19550307  198201 1 007 
 TTL     : Madiun, 07-03-1955
 Nama : Sukirno, S.Pd
 NIP    : 19660612  198803 1 028
 TTL    : Nganjuk, 12-06-1966
 Nama : Indar Pratiwi, S,Pd.SD
 NIP   : 19740626  199911 2 001
 TTL     : Blitar, 26-06-1974
Nama : Umu Nihayah, S.Pd.I
NIP   :  19670402  200701 2 026
TTL     : Nganjuk, 02-04-1967
 Nama : Hariyani, S.Pd.SD
 NIP   : 19620614  200801 2 002
 TTL     : Nganjuk, 14-06-1962
Nama : Etik Triwidati, S.Pd.SD
NIP    : -
TTL    : Nganjuk, 16-01-1981

Pengumuman Daftar nama tenaga honorer k2

http://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fmyforshare.blogspot.com%2F2013%2F06%2Fdaftar-nama-nama-tenaga-honorer-k-ii.html&h=9AQGWSEum

Formulir Pengajuan NUPTK Baru

http://padamu.kemdikbud.go.id/statik/pdf/formulir-a05.pdf
http://padamu.kemdikbud.go.id/statik/pdf/formulir-a06.pdf

Pelajari Alurnya terlebih dahulu.
http://padamu.kemdikbud.go.id/#!/alur#alur6

Jumat, 21 Juni 2013

RPP Bahasa Jawa kelas 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 1)

Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  III (tiga) / 1
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                          2.   Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                          3.   Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                          4.   Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                          5.   Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan dan memahami cerita teman.
                                          2.1.   Menceritakan pengalaman.
                                          2.2.   Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun.
                                          3.1.   Membaca bersuara.
                                          4.1.   Menulis karangan sederhana.
                                          4.2.   Menulis huruf Jawa legena
                                          5.1.   Mengapresiasi tembang dolanan.
      Indikator                        :  1.   Dapat menjawab pertanyan tentang isi cerita.
                                                2.   Dapat mengajukan pertanyaan sesuai yang didengar.
                                                3.   Dapat menceritakan pengalaman menarik yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari dengan kalimat yang runtut.
                                                4.   Dapat menanggapi cerita teman dengan bertnya atau mengemukakan pendapat.
                                                5.   Dapat menggunakan  basa  ngoko  dan  krama  sesuai  dengan unggah-ungguh basa jawa.
                                                6.   Dapat membaca bersuara teks tembang dolanan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
                                                7.   Dapat menjawab pertanyaan bacaan secara lisan atau tertulis.
                                                8.   Dapat menentukan padan kata (sinonim) yang terdapat dalam bacaan.
                                                9.   Dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan memperhatikan tanda baca dan huruf kapital.
                                              10.   Dapat menulis huruf Jawa legena (ha s.d la).
                                              11.   Dapat menyanyikan tembang dolanan yang sesuai untuk anak.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)


1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat Memahami isi bacaan yang didengar.
      b.   Siswa dapat menceritakan pengalaman sendiri dengan bahasa yang santun dan benar.
      c.   Siswa dapat membaca teks tembang dolanan dengan benar dan mengartikan kata sulit.
      d.   Siswa dapat mengarang sederhana dan dapat menulis huruf Jawa.
      e.   Siswa dapat menyanyikan tembang dolanan.
2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Teks cerita tentang ”kegiatan”.

      b.   Pertemuan kedua
-  Cerita   tentang   pengalaman menarik.
-  Basa ngoko dan krama.

      c.   Pertemuan ketiga
-  Teks tembang dolanan.
-  Padanan kata (sinonim).

      d.   Pertemuan keempat
-  Gambar seri tentang kegiatan.
-  Huruf Jawa legena (ha  s.d.  la).

      e.   Pertemuan kedua
Tembang dolanan.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi



4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mendengar isi teks cerita tentang kegiatan yang dibacakan oleh gurunya atau temannya.
Ø  Siswa menjawab pertanyan tentang isi cerita.
Ø Siswa mengajukan pertanyaan sesuai yang didengar.

      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.







Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan teks wacana yang ada dalam buku.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menceritakan pengalaman.
Ø Siswa menceritakan pengalaman menerik yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari dengan kalimat yang runtut.
Ø  Siswa menanggapi cerita teman dengan bertnya atau mengemukakan pendapat.
Ø  Siswa menjelaskan penjelasan guru tentang basa ngoko dan krama.
Ø Siswa menggunakan  basa  ngoko  dan  krama  sesuai  dengan unggah-ungguh basa jawa.

      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.


Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang cara membaca sesuai dengan lafal dan intonasi yang benar.
Ø  Siswa membaca bersuara teks tembang dolanan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan bacaan secara lisan atau tertulis.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang sinonim (padan kata).
Ø  Siswa Dapat menentukan padan kata (sinonim) yang terdapat dalam bacaan.

      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.


Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.




      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan gambar seri yang ada di buku atau yang diperlihatkan oleh guru.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara mengarang berdasarkan gambar seri.
Ø  Siswa menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan memperhatikan tanda baca dan huruf kapital.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang huruf Jawa ha s.d. la.
Ø Siswa menulis huruf Jawa ha s.d. la di buku tulisnya.

      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.



Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.
Ø  Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan yang ada di buku.
Ø  Siswa menyanyikan tembang dolanan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.


5.   Sumber Belajar
      a.  Gambar seri tentang kegiatan.
      b.  Chart berisi huruf Jawa Legena.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 3, Penerbit Yudhistira (Wulangan 1: hal. 1-18)
      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Dolanan”.


6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes lisan, Tes unjuk kerja, Penugasan, dan Portofolio.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Daftar pertanyaan, Tes simulasi, Uji kerja proses dan hasil, dan
                                                   Dokumen pekerjaan siswa.
      c.   Soal / Instrumen       :
Soal untuk Pertemuan Pertama
     1.   Rungokna wacan sing diwaca gurumu, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
2.   Nggawea pitakonan ngenani isine wacan!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Critakna pengalamanmu sing paling ora bias koklalekake!
2.   Tanggapane critane kancamu!
3.   Omong-omongana karo kancamu nggunakake basa ngoko sing isine ngajak dolanan!
4.   Matura marang gurumu utawa wong tuwamu nggunakake basa krama!
            (Materi lihat di buku)
Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Wacan ing ngisor iki wacanen kanthi lagu lan pocapan sing bener, banjur wangsulana pitakonan isine wacan
2.   Tembung sing dicap kandel jroning ukara iki terangnya tegese!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
1.   Nggawea karangan adhedhasar katerangan gambar sing wis sumadiya!
2.   Aksara Jawa ing ngisor iki salinen!
      a   n    c    r    k
      f    t    s    w    l
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
Tembang dolanan ing ngisor iki tembangna!
(Materi lihat di buku)










             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 2)

Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  III (tiga) / 1
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                          2.   Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                          3.   Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                          4.   Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                          5.   Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan dan pembacaan teks drama.
                                          2.1.   Memberikan tanggapan.
                                          2.2.   Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun.
                                          3.1.   Membaca cepat.
                                          4.1.   Menulis huruf Jawa legena (ha  s.d. la).
                                          4.2.   Menulis kalimat.
                                          5.1.   Mengapresiasi geguritan.
      Indikator                        :  1.   Dapat menyebutkan nama tokoh dalam cerita.
                                                2.   Dapat memerankan tokoh dalam drama.
                                                3.   Dapat menanggapi isi teks drama.
                                                4.   Dapat menggunakan basa ngoko dan krama dalam percakapan.
                                                5.   Dapat membaca teks bacaan.
                                                6.   Dapat menjawab pertanyaan bacaan.
                                                7.   Dapat menyimpulkan isi bacaan.
                                                8.   Dapat menulis huruf Jawa Legena ( ha s/d la ).
                                                9.   Dapat menyalin tulisan latin menjadi tulisan dalam huruf jawa dan dan sebaliknya.
                                              10.   Dapat menulis kalimat dengan susunan ( pola ) yang benar.
                                              11.   Dapat membaca geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
                                              12.   Dapat menceritakan isi geguritan.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)


1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat menyebutkan nama tokoh drama dan dapat memerankannya.
      b.   Siswa dapat menanggapi teks drama dengan bahasa yang benar.
      c.   Siswa dapat membaca teks bacaan drama dengan lancar.
      d.   Siswa dapat menulis huruf Jawa legena dan menulis kalimat berpola S-P-O.
      e.   Siswa dapat membaca dan menceritakan isi geguritan.

2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Teks drama bertema lingkungan.
      b.   Pertemuan kedua
-  Teks drama bertema lingkungan.
            -  Basa ngoko dan krama.

      c.   Pertemuan ketiga
Teks bacaan.

      d.   Pertemuan keempat
-  Huruf Jawa legena.
-  Kalimat berpola S-P-O.

      e.   Pertemuan kedua
Teks geguritan.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru dalam membacakan teks drama.
Ø  Siswa mencatat nama tokoh yang ada dalam teks drama.
Ø  Siswa dapat menjelaskan watak dari masing-masing tokoh.
Ø Siswa memerankan tokoh dalam teks drama yang di dengar.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru dalam membacakan teks drama.
Ø  Siswa mencatat hal-hal penting tentang isi drama.
Ø  Siswa menanggapi isi teks drama.
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama, kemudian menggunakannya dalam dialog.

      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan contoh guru dalam membaca cepat.
Ø  Siswa membaca teks bacaan dengan cepat.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan bacaan.
Ø Siswa menyimpulkan isi bacaan dengan benar.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru cara menulis huruf Jawa legena ha s.d. la.
Ø  Siswa menulis huruf Jawa legena ha s.d. la.
Ø  Siswa menyalin tulisan latin menjadi tulisan dalam huruf jawa dan dan sebaliknya.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kalimat berpola S-P-O.
Ø  Siswa menguraikan kalimat berdasarkan S-P-O.
Ø Siswa menulis kalimat dengan susunan ( pola ) yang benar.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru cara membaca geguritan yang baik.
Ø  Siswa membaca geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Ø  Siswa menulis makna kata-kata utama (dan kata sulit) yang ada dalam teks geguritan.
Ø  Siswa mengartikan kata demi kata dan kalimat demi kalimat yang ada dalam geguritan.
Ø Siswa menceritakan “ Geguritan ” dengan kalimat sederhana.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

5.   Sumber Belajar
      a.  Chart berisi huruf Jawa legena.
      b.  Kaset pita/VCD tentang pembacaan geguritan beserta tape recorder/VCD Player.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 3, Penerbit Yudhistira (Wulangan 2: hal. 19-34)
      d.   Buku Penunjang ”Tuntunan Menulis Aksara Jawa”

6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja dan Penugasan.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes simulasi, Uji kerja proses dan hasil, dan Tugas proyek dan
                                                    tugas rumah.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
1.   Semaken wacan drama ing buku, banjur tulisen sapa wae para paragane!
2.   Teks drama ing bukumu praktekna karo kancamu!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Tanggapana teks drama ing bukumu ngenani isi lan para paragane!
2.   Omong-omongana nggunakake basa ngoko lan krama!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Wacan ing bukumu wacanen, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
2.   Terangna nganggo basamu isine ngenani isine wacan sing mentas kokwaca!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
1.   Aksara Jawa ing ngisor iki salinen!
      a   n    c    r    k
      f    t    s    w    l
2.   Tembung iki tulisen nganggo aksara Jawa!
3.   Ukara iki pilah-pilahen Jejer, Wasesa, lan lesane!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
1.   Wacanen geguritan sing ana ing bukumu!
2.   Terangna isine geguritan sing mentas kokwaca!
            (Materi lihat di buku)


             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 3)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  III (tiga) / 1
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                          2.   Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                          3.   Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                          4.   Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                          5.   Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan dialog.
                                          2.1.   Melakukan percakapan/dialog..
                                          3.1.   Membaca indah.
                                          3.2.   Membaca tulisan Jawa.
                                          4.1.   Menulis karangan.
                                          4.2.   Menulis huruf Jawa.
                                          5.1.   Mengapresiasi tembang dolanan.
      Indikator                        :  1.   Dapat mengajukan pertanyaan dengan bahasa/ kalimat sendiri dari dialog yang didengarkan.
                                                2.   Dapat menceritakan dengan singkat isi dialog yang didengarkan.
                                                3.   Dapat melakukan percakapan melalui telepon mengandung kalimat perintah dan preposisi (ing, ana, ana ing).
                                                4.   Dapat melengkapi percakapan yang belum selesai.
                                                5.   Dapat membaca geguritan dengan lafal, intonasi, dan penjiwaan yang tepat.
                                                6.   Dapat membaca kalimat sederhana dalam huruf Jawa ( ha s/d la ).
                                                7.   Dapat menulis karangan sederhana berdasarkan isi geguritan yang dibaca.
                                                8.   Dapat menulis  kalimat  sederhana  dengan  huruf Jawa Legena ( pa s/d nga).
                                                9.   Dapat menyanyikan tembang dolanan yang sesuai untuk anak.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)


1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat menceritakan isi wacana dialog yang didengarkan.
      b.   Siswa dapat melakukan dialog melalui telepon.
      c.   Siswa dapat membaca geguritan dengan lafal dan intonasi yang benar.
      d.   Siswa dapat menulis huruf Jawa dan mengarang berdasarkan isi geguritan.
      e.   Siswa dapat menyanyikan tembang dolanan.

2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Teks dialog bertema kegemaran.

      b.   Pertemuan kedua
Teks percakapan/dialog.

      c.   Pertemuan ketiga
-  Teks geguritan.
-  Huruf Jawa legena (ha  s.d. la)

      d.   Pertemuan keempat
-  Teks geguritan.
-  Huruf Jawa legena (ha  s.d. la)

      e.   Pertemuan kedua
Tembang dolanan.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru atau temannya yang sedang membaca teks dialog yang ada di buku.
Ø  Siswa mengajukan pertanyaan dengan bahasa/ kalimat sendiri dari dialog yang didengarkan.
Ø  Siswa menceritakan dengan singkat isi dialog yang didengarkan.
Ø  Siswa menanggapi cerita teman tentang isi dialog.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara bertelepon
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara berbicara melalui telepon.
Ø  Siswa melakukan percakapan melalui telepon mengandung kalimat perintah dan preposisi (ing, ana, ana ing).
Ø  Siswa melengkapi percakapan yang belum selesai.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru cara membaca geguritan yang baik.
Ø  Siswa membaca geguritan dengan lafal, intonasi, dan penjiwaan yang tepat.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru cara menulis huruf Jawa legena ha s.d. la.
Ø  Siswa menulis huruf Jawa legena ha s.d. la.
Ø  Siswa membaca kalimat sederhana dalam huruf Jawa (ha s/d la).
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru tentang isi geguritan yang ada di buku ataupun media lain.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menulis karangan.
Ø  Siswa menulis karangan sederhana berdasarkan isi geguritan yang dibaca.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru cara menulis huruf Jawa legena pa s.d. nga).
Ø  Siswa menulis huruf Jawa legena pa s.d. nga.
Ø  Siswa menulis  kalimat  sederhana  dengan  huruf Jawa Legena ( pa s/d nga).
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.
Ø  Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan yang ada di buku.
Ø  Siswa menyanyikan tembang dolanan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.


5.   Sumber Belajar
      a.  Rekaman/model orang yang sedang menyanyikan tembang dolanan.
      b.  Kaset pita/VCD beri tembang dolanan beserta tape recorder/VCD Player.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 3, Penerbit Yudhistira (Wulangan 3: hal. 35-50)
      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Dolanan”.


6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja, Tes tulis, dan Penugasan.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Uji kerja proses dan hasil, Tes simulasi, Tes isian, Tes uraian, dan
                                                    Tugas proyek dan tugas rumah.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
1.   Rungokna pacelathon sing diwaca gurumu, banjur nggawea pitakonan ngenani isine pacelathon!
2.   Critakna isine pacelathon sing mentas kokrungokake!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Omong-omongana karo kancamu lumantar telepon.
2.   Pacelathon sing isih gothang iki jangkepana!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Geguritan sing ana ing bukumu wacanen kanthi lagu, pocapan, lan polatan sing trep!
2.   Tulisan iki wacanen!
      a.  anlw
      b.  crsl
      c.  rffw
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
1.   Ngawea karangan adhedhasar isine geguritan sing tau kokwaca!
2.   Aksara Jawa ing ngisor iki turunen lan salinen ing buku tulismu!
      p    d    j    y     v
       m    g    b    q     z
            (Materi lihat di buku)



Soal untuk Pertemuan Kelima
Tembang dolanan ing ngisor iki tembangna!
(Materi lihat di buku)










             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP





































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 4)

Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  III (tiga) / 2
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                          2.   Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                          3.   Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                          4.   Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                          5.   Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan pembacaan cerita.
                                          2.1.   Menceritakan pengalaman pribadi.
                                          2.2.   Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun.
                                          3.1.   Membaca dan memprediksi kelanjutan teks bacaan.
                                          4.1.   Menulis surat.
                                          4.2.   Menulis huruf Jawa.
                                          5.1.   Mengapresiasi geguritan.
      Indikator                        :  1.   Dapat menyebutkan nama tokoh-tokoh dalam cerita.
                                                2.   Dapat memberikan tanggapan terhadap watak tokoh dalam cerita.
                                                3.   Dapat menceritakan pengalaman yang tak terlupakan secara runtut dengan kalimat sederhana.
                                                4.   Dapat menanggapi pengalaman teman.
                                                5.   Dapat mengubah basa ngoko menjadi basa krama atau sebaliknya.
                                                6.   Dapat melengkapi cerita dengan kalimat yang logis.
                                                7.   Dapat menjelaskan keseluruhan isi cerita.
                                                8.   Dapat menyimpulkan isi cerita.
                                                9.   Dapat menulis surat kepada teman sebaya dengan kalimat berita dan preposisi ( arep, saka ) serta tanda baca yang tepat.
                                              10.   Dapat menulis huruf jawa dengan sandhangan : wulu, suku, dan taling.
                                              11.   Dapat membaca geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
                                              12.   Dapat menceritakan isi geguritan dengan bahasa sendiri.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)


1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat menejelaskan tokoh cerita beserta perwatakannya.
      b.   Siswa dapat menceritakan pengalaman pribadi yang tak bisa terlupakan.
      c.   Siswa dapat melengkapi cerita yang belum selesai dan dapat menyimpulkan isinya.
      d.   Siswa dapat menulis surat kepada teman dan dapat menulis huruf Jawa.
      e.   Siswa dapat membaca dan menceritakan isi geguritan.
2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Teks cerita tentang pariwisata.

      b.   Pertemuan kedua
-  Pengalaman anak .
-  Basa ngoko dan krama.

      c.   Pertemuan ketiga
Teks cerita yang belum selesai.

      d.   Pertemuan keempat
-  Surat kepada teman.
-  Tulisan huruf Jawa (sandhangan swara).

      e.   Pertemuan kelima
Teks geguritan.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mendengarkan pembacaan teks cerita tenatng pariwisata.
Ø  Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh dalam cerita.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi cerita tentang pariwisata.
Ø  Siswa memberikan tanggapan terhadap watak tokoh dalam cerita.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
ØGuru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Ø
Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan guru tentang cerita pengalaman yang menarik.
Ø  Siswa menceritakan pengalaman yang tak terlupakan secara runtut dengan kalimat sederhana.
Ø  Siswa menanggapi pengalaman teman.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.
Ø  Siswa mengubah basa ngoko menjadi basa krama atau sebaliknya.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa membaca teks cerita yang belum selesai untuk dipahami isinya.
Ø  Siswa melengkapi cerita dengan kalimat yang logis
Ø  Siswa menjelaskan keseluruhan isi cerita.
Ø  Siswa menyimpulkan isi cerita.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasn guru tentang bagian-bagian surat.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menulis surat.
Ø  Siswa menulis surat kepada teman sebaya dengan kalimat berita dan preposisi ( arep, saka ) serta tanda baca yang tepat.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasn guru tentang sandhangan wulu, suku, dan taling.
Ø  Siswa menulis huruf jawa dengan sandhangan : wulu, suku, dan taling.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru cara membaca geguritan yang baik.
Ø  Siswa membaca geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Ø  Siswa menulis makna kata-kata utama (dan kata sulit) yang ada dalam teks geguritan.
Ø  Siswa mengartikan kata demi kata dan kalimat demi kalimat yang ada dalam geguritan.
Ø  Siswa menceritakan “ Geguritan ” dengan kalimat sederhana.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.


5.   Sumber Belajar
      a.  Chart berisi: (a) tulisan huruf Jawa; dan (b) Teks geguritan.
      b.  Kaset pita/VCD berisi pembacaan geguritan beserta tape recorder/VCD Player.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 4, Penerbit Yudhistira (Wulangan 1: hal. 51-63)
      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Menulis Huruf Jawa”.


6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes lisan, Tes unjuk kerja, dan Penugasan.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Daftar pertanyaan, Uji petik proses dan hasil, Tes simulasi, Tugas
                                                   proyek dan tugas rumah.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
1.   Rungokna wacan pariwisata sing diwaca gurumu, banjur tulisen sapa wae sing dadi paragane!
2.   Critakna watak-watake saben paraga jroning wacan sing kokrungokake!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Critakna pengalamanmu sing paling ora bisa koklalekake nggunakake basamu dhewe!
2.   Tanggapana kancamu sing mentas nyritakake pengalamane!
3.   Ukara iki ngokokna!
      a. Kula badhe kesah?
      b. Ibu taksih dhahar soto.
4.   Ukara iki kramakna!
      a. Aku ora sida melu kowe.
      b. Bapak durung mulih.
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Crita sing isih gothang iki jangkepana!
2.   Terangna isine crita kanthi utuh!
3.   Terangna isine crita nganggo basamu dhewe!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
1.   Nulisa layang kanggo kancamu nggunakake basa sing trep!
2.   Aksara Jawa iki turunen ing buku tulismu!
      ai  ni   ci   ri   ki   fi   ti
       si   wi   li   pi   di   ji yi
       vi   mi   gi   bi   qi   zi
            (Materi lihat di buku)
Soal untuk Pertemuan Kelima
1.   Wacanen geguritan sing ana ing bukumu!
2.   Critakna nganggo basamau dhewe apa isine geguritan sing mentas kokwaca!
            (Materi lihat di buku)










             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 5)

Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  III (tiga) / 2
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                          2.   Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                          3.   Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                          4.   Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                          5.   Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan cerita.
                                          2.1.   Bermain peran yang berkaitan dengan cerita.
                                          3.1.   Membaca pemahaman.
                                          3.2.   Membaca tulisan Jawa.
                                          4.1.   Menulis huruf Jawa.
                                          4.2.   Menulis kalimat.
                                          5.1.   Mengapresiasi tembang dolanan.
      Indikator                        :  1.   Dapat mengajukan pertanyaan sesuai cerita yang didengarkan.
                                                2.   Dapat menyimpulkan isi cerita yang didengarkan.
                                                3.   Dapat menyebutkan tokoh sesuai dengan teks cerita.
                                                4.   Dapat menjelaskan sifat tokoh sesuai dengan teks cerita.
                                                5.   Dapat memerankan tokoh dalam teks cerita dan sifatnya menggunakan kalimat sederhana.
                                                6.   Dapat mencari arti kata sulit dalam teks bacaan.
                                                7.   Dapat menjawab pertanyaan bacaan.
                                                8.   Dapat meringkas bacaan dengan bahasa sendiri.
                                                9.   Dapat membaca tulisan Jawa yang mengandung sandhangan : wulu, suku, taling.
                                              10.   Dapat menulis huruf jawa dengan sandhangan swara: taling-tarung dan pepet.
                                              11.   Dapat menulis kalimat menggunakan kata tanya.
                                              12.   Dapat menulis kata dasar dari kata berimbuhan.
                                              13.   Dapat menyanyikan tembang dolanan.
                                              14.   Dapat menceritakan isi tembang dengan kalimat sederhana.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)


1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat menyimpulkan isi cerita yang didengar.
      b.   Siswa dapat bermain peran yang berkaitan tokoh cerita.
      c.   Siswa dapat menjelaskan makna kata sulit dan dapat menulis huruf Jawa.
      d.   Siswa dapat menulis huruf Jawa dan menulis kalimat dengan kata tanya.
      e.   Siswa dapat menyanyikan dan menceritakan isi tembang dolanan.
2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Teks cerita dongeng yang mengandung pendidikan.

      b.   Pertemuan kedua
Teks cerita.

      c.   Pertemuan ketiga
-  Teks bacaan bertema pendidikan.
-  Tulisan huruf Jawa.

      d.   Pertemuan keempat
-  Tulisan huruf Jawa
-  Kata dan kalimat tanya
-  Kata dasar dan berimbuhan

      e.   Pertemuan kedua
Teks tembang dolanan.


3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa medengarkan guru yang sedang mendongeng.
Ø  Siswa mencatat hal-hal penting tentang isi dongeng.
Ø  Siswa mengajukan pertanyaan sesuai cerita yang didengarkan.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan tentang teks cerita dongeng.
Ø  Siswa menyimpulkan isi cerita yang didengarkan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan teks cerita dongeng yang ada di buku atau media lain.
Ø  Siswa menyebutkan tokoh sesuai dengan teks cerita.
Ø  Siswa menjelaskan sifat tokoh sesuai dengan teks cerita.
Ø  Siswa memerankan tokoh dalam teks cerita dan sifatnya menggunakan kalimat sederhana
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan teks wacana yang bertemakan pendidikan.
Ø  Siswa membaca teks wacana yang bertemakan pendidikan.
Ø  Siswa mencari arti kata sulit dalam teks bacaan.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan bacaan.
Ø  Siswa meringkas bacaan dengan bahasa sendiri.
Ø  Siswa membaca tulisan Jawa yang mengandung sandhangan : wulu, suku, taling
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasn guru tentang penggunaan sandhangan swara: taling-tarung dan pepet.
Ø  Siswa menulis huruf jawa dengan sandhangan swara: taling-tarung dan pepet.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kata tanya dan kalimat tanya.
Ø  Siswa menulis kalimat menggunakan kata tanya.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kata dasar dan kata berimbuhan.
Ø  Siswa menulis kata dasar dari kata berimbuhan
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.
Ø  Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan yang ada di buku.
Ø  Siswa menyanyikan tembang dolanan.
Ø  Siswa menceritakan isi tembang dengan kalimat sederhana.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.


5.   Sumber Belajar
      a.  Rekaman/model orang yang sedang mendongeng.
      b.  Chart berisi tulisan Huruf Jawa.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 3, Penerbit Yudhistira (Wulangan 5: hal. 64-79)
      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Menulis Huruf Jawa


6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes lisan, Penilaian diri, Tes unjuk kerja, dan Penugasan.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Daftar pertanyaan, Tes simulasi, Lembar penilaian diri, Uji kerja
                                                   proses dan hasil, dan Tugas proyek dan tugas rumah.
      c.   Soal / Instrumen       :
     
Soal untuk Pertemuan Pertama
1.   Rungokna dongeng sing didongengake gurumu, banjur nggawea pitakonan ngenani isine dongeng!
2.   Terangna apa isine dongeng sing mentas kokrungokake!
3.   Gaweea ringekasane crita!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Sebutna sapa wae para paraga jroning dongeng!
2.   Kepriye watak-watake saben paraga!
3.   Praktekna wewatakane paraga jroning dongeng!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
1.   Tulisen tembung sing kokanggep angel jroning wacan banjur terangna tegese!
2.   Wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
3.   Nggawea ringkesan nganggo basamu dhewe ngenani isine dongeng!
4.  Tulisan Jawa ing ngisor iki wacanen!
      [a   [n   [c   [r   [k
       [f   [t   [s   [w   [l  
       [p   [d   [j   [y   [v
        [m   [g   [b   [q   [z

            (Materi lihat di buku)




Soal untuk Pertemuan Keempat
1.   Tulisan Jawa ing ngisor iki Turunen!
       ae    ne   ce   ke   fe   te
         se   we   pe   de   je   ye
          ve   me   ge   be   qe   ze
2.   Tembung pitakon ing ngisor iki trakpa ing ukara: apa, sapa, pira, ing ngendi, kapan, geneya, lan kepriye!
3.   Terangna bedane tembung lingga karo tembung andhahan!
4.   Nggawea tuladha tembung lingga lan tembung andhahan!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
1.   Tembang dolanan ing ngisor iki tembangna!
2.   Terangna apa isine tembang dolanan sing mentas koktembangake!
            (Materi lihat di buku)












             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 6)


Sekolah                        :  SD / MI
Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester         :  III (tiga) / 2
Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.
                                          2.   Berbicara:
                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
                                          3.   Membaca:
                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
                                          4.   Menulis:
                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
                                          5.   Apresiasi Sastra:
                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan cerita wayang.
                                          2.1.   Bermain peran.
                                          2.2.   Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun.
                                          3.1.   Membaca cepat.
                                          4.1.   Menulis huruf Jawa.
                                          4.2.   Menulis kalimat.
                                          5.1.   Mengapresiasi cerita.
      Indikator                        :  1.   Dapat menyebutkan nama tokoh-tokoh dalam cerita.
                                                2.   Dapat menjawab pertanyaan tentang sifat / watak tokoh dalam cerita.
                                                3.   Dapat memerankan tokoh dalam cerita dan sifatnya dengan kalimat  sederhana.
                                                4.   Dapat menggunakan basa ngoko dan krama sesuai unggah-ungguh basa.
                                                5.   Dapat membaca cepat teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
                                                6.   Dapat menyimpulkan isi bacaan.
                                                7.   Dapat menyalin tulisan Jawa menjadi tulisan latin & sebaliknya.
                                                8.   Dapat menulis kalimat aktif dan pasif yang sederhana.
                                                9.   Dapat menceritakan kembali isi cerita yang didengar secara lisan.
Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)



1.   Tujuan Pembelajaran
      a.   Siswa dapat menyebutkan nama tokoh dan perwatakannya dari cerita wayang yang didengar.
      b.   Siswa dapat memainkan peran berdasarkan karakter tokoh dalam pewayangan.
      c.   Siswa dapat membaca cepat teks cerita wayang.
      d.   Siswa dapat menulis huruf Jawa dan membuat kalimat aktif/pasif.
      e.   Siswa dapat menceritakan isi cerita wayang.

2.   Materi Pembelajaran
      a.   Pertemuan pertama
Cerita wayang Pandhawa.

      b.   Pertemuan kedua
-  Teks cerita sederhana.
-  Basa ngoko dan krama.

      c.   Pertemuan ketiga
Teks cerita.

      d.   Pertemuan keempat
-  Tulisan huruf Jawa.
-  Kalimat aktif dan kalimat pasif.

      e.   Pertemuan kelima
Cerita wayang.

3.   Metode Pembelajaran
      a.   Pemodelan
      b.   Penugasan  
      c.   Inkuiri
      d.   Responsi
      e.   Karya mandiri
      f.    Tanya jawab
      g.   Refleksi

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa mendengarkan cerita wayang dibacakan oleh guru atau temannya.
Ø  Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh dalam cerita.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan tentang sifat / watak tokoh dalam cerita.
Ø  Siswa dapat menceritan isi cerita wayang didengarkan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kedua
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan teks cerita yang ada di buku atau media lain.
Ø  Siswa dapat menjelaskan sifat/ watak tokoh dalam cerita.
Ø  Siswa memerankan tokoh dalam cerita dan sifatnya dengan kalimat  sederhana.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.
Ø  Siswa menggunakan basa ngoko dan krama sesuai unggah-ungguh basa.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Ketiga
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang cara membaca cepat.
Ø  Siswa membaca cepat teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan isi bacaan.
Ø  Siswa menyimpulkan isi bacaan dengan bahasanya sendiri.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Keempat
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menulis huruf Jawa.
Ø  Siswa menyalin tulisan Jawa menjadi tulisan latin & sebaliknya.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kalimat aktif dan kalimat pasif.
Ø  Siswa menulis kalimat aktif dan pasif yang sederhana.
Ø  Siswa mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif tau sebaliknya.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Pertemuan Kelima
      a.   Kegiatan Awal
Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
      b.   Kegiatan inti
Ø  Siswa memperhatikan atau mendengarkan isi cerita wayang.
Ø  Siswa menyebutkan tokoh-tokoh seta karakternya.
Ø  Siswa menceritakan kembali isi cerita yang didengar secara lisan.
      c.   Kegiatan Akhir
Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
5.   Sumber Belajar
      a.  Chart berisi tulisan Huruf Jawa dan Kalimat Aktif/Kalimat Pasif.
      b.  Buku-buku tentang cerita wayang.
      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 3, Penerbit Yudhistira (Wulangan 1: hal. 80-95)
      d.   Buku Penunjanglain yang relevan.

6.   Penilaian
      a.   Teknik                                    :  Tes lisan, Tes unjuk kerja, dan Tes tulis.
      b.   Bentuk Instrumen    :  Daftar pertanyaan, Tes identifikasi, Tes simulasi, Uji petik kerja
                                                   proses dan hasil, dan Tes uraian.
      c.   Soal / Instrumen       :
Soal untuk Pertemuan Pertama
1.   Rungokna crita wayang sing diwaca gurumu!
2.   Wangsulana pitakon ngenani isine wacan utamane bab wewatake saben paraga wayang!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kedua
1.   Paragakna wewatakane saben paraga Pandhawa!
2.   Omong-omongana nggunakake basa ngoko lan krama sing trep
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Ketiga
Coba wacan crita wayang ing bukumu wacanen, banjur ringkesen isi critane!
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Keempat
1.   Ukara iki tulisen nganggo aksara Jawa!
      a. Aku maca buku.
      b. Gulumu kena apa?
2.   Ukara iki owahana dadi ukara tanduk!
      a. Bukuku diwaca adhik.
      b. Klambiku dikumbah Sari.
3.   Ukara iki owahana dadi ukara tanggap!
      a. Bayu ngonceki nanas.
      b. Sari ngeterake adhik.
            (Materi lihat di buku)

Soal untuk Pertemuan Kelima
Critakna nganggo basamu dhewe isine crita wayang sing wis tau kokwaca utawa kokrungokake!
 (Materi lihat di buku)




             Mengetahui                                                 Blitar, .....................................
         Kepala Sekolah,                                                  Guru Mata Pelajaran,





................................................                                    ................................................
NIP                                                                             NIP